Rabu, 10 Januari 2018

Salam wulan desy,,,

INHALASI


Inhalasi adalah sediaan obat atau larutan atau suspensi terdiri atas satu atau lebih bahan obat yang diberikan melalui saluran nafas hidung atau mulut untuk memperoleh efek lokal atau sistemik .
Alat ini biasanya digunakan pada proses perawatan penyakit saluran pernafasan yang akut maupun kronik ,misalnya pada penyakit asma . Asma adalah suatu gangguan pada saluran bronchial yang mempunyai ciri bronchospasme periodik ( kontraksi spasme pada saluran nafas ) . Diperkirakan juga bahwa asma adalah penyebab sekitar 1 dalam setiap 250 kematian diseluruh dunia .
 Tingkat kematian tersebut disebabkan oleh perawatan medis jangka panjang yang tidak memadai dan keterlambatan menerima bantuan saat mengalami serangan yang sebenarnya.
Terapi Inhalasi adalah cara memberikan obat untuk dihirup dalam bentuk uap kepada si pasien secara langsung melalui alat pernapasannya ( hidung ke paru-paru ) sebagai organ sasaran obatnya .
  • Tujuan Terapi Inhalasi :
-          Menormalkan kembali pernapasan yang terganggu akibat lendir atau karena sesak nafas .
-          Secara garis besar ada 3 alat/jenis terapi inhalasi ,yaitu nebulizer, MDI ( metered dose inhaler ) dalam bentuk aeorosol , dan DPI ( dry powder inhaler ) contoh turbuhaler.
  • Obat yang digunakan dalam terapi inhalasi adalah :
 Golongan Bronkodilator : untuk mengurangi inflamasi .
Efedrin , Isoprenalin , Adrenalin.
-Golongan Kortikosteroid: peradangan jalannya nafas.
Hidrokortison , Prednison , Deksametason .

Opini :

Diperkirakan juga bahwa asma adalah penyebab sekitar 1 dalam setiap 250 kematian diseluruh dunia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar