Senin, 15 Januari 2018

Apoteker

Januari 09, 2018
Salam Aqilla,,,
Apoteker...?
 Profesi yg 1 ini mungkin masih kurang populer dikalangan masyarakat awam..g setenar dokter, pilot dll..bahkan jarang bgt tu dgr seorang anak yang ketika ditanya cita-cita mereka menjawab pgn jdi apoteker...
seharusnya apoteker itu terkenal lho...coba deh diliat dilingkungan anda berapa banyak apotek yang ada...tpi sayangnya apoteker ya g pernah dikenal orang krn g pernah memperkenalkan diri dan mengekspos dirinya...
sekilas sya ulas dl ya siapa si apoteker itu..
Apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus sebagai apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker (berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian). Pendidikan apoteker dimulai dari pendidikan sarjana (S-1), yang umumnya ditempuh selama empat tahun, ditambah satu tahun untuk pendidikan profesi apoteker.Nama gelar kesarjanaan dan keprofesian seorang apoteker adalah S.Farm., Apt atau S.Si., Apt.

Coba deh dibayangin udah sekolahnya 5 tahun (S1+apoteker)..sekolahnya susah g pake maen2..praktikumnya luar biasa banyak..eh begitu lulus g ada yang kenal..."Sakitnya tu disini" #sambiltepokjidat..
Menurut sy ada hal mendasar yg buat kita g dikenal
1. Pernah g kita memperkenalkan dri keorang2 kalo ada profesi apoteker?
2. Pernah g kl pas kerja kita nongol duluan kasih penjelasan ke masyarakat yang mau beli obat atau ambil resep?
3. Pernah g ksh penjelasan kemasyarakat yang bener mengenai obat? jgnkan masyarakat keluarga dkt aja mungkin g pernah dikasih penjelasan tentang obat yang benar.

Menurut sy itu bahan instrospeksi mendasar,,gak usah cari bla2 yang susah2 dl...yg simple itu kl kita mulai kerjakan inshaallah org akan mulai kenal...memang g smua apoteker si yang cuek sama apa profesinya tapi "Kebanyakan" yang penting dapat gaji terserah orang mau bener apa salah...saya yakin masih banyak apoteker yang punya idealisme tinggi memperkenalkan diri dan menjaga profesi kita..
Ada hal yang menurut sy jg mendasar..bayangin aja kl kita 1 profesi tpi kita g saling menghargai gmn jdinya profesi kita..."wadah" yang menaungi kita pun seperti "wadah" bayangan..
Sekarang saya memberi salah satu contoh, saya kan anak SMK farmasi. Menurut saya, pljrn yang saya alami skrng itu sangat berbeda jauh dengan yg saya pikirkan dahulu sblm Msk di sekolah ini.
Saya pikir pelajarannya itu kebanyakan praktek, materinya sedikit. Tp ternyata praktek nya lumayan dan materinya banyak. Apalagi yang di pelajari gak hanya pljrn farmasi, tapi pelajaran umum juga ada seperti PKN, KKPI, dan temannya. Satu hal pljrn yang saya bingung kan itu pljrn produktif atau pljrn yang farmasi" itu lah. Contohnya farmakologi, farmakognosi, ilmu resep dan temen nya. Apalagi hafalan" obat yg banyak itu membuat saya pusing 7 keliling.
 Tapi setelah saya jalani, ilmu saya semakin bertambah yang awalnya tidak tahu apa itu farmasi atau obat"an sekarang saya tahu bahkan lebih dari itu. Ada yang bilang kalau anak farmasi itu bisa semua pljrn atau multitalent.
Jika setelah lulus dari SMK farmasi ini bsa melanjutkan ke kuliah jurusan apoteker atau bisa ke jurusan lain yang masih berkaitan ttg kesehatan. Jadi, luas kan kesehatan itu...
Ya begitulah menurut saya apoteker seperti itu. Sekian artikel dari saya dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar