Selasa, 16 Januari 2018

Salam Inzan M.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Nasi. Ngeri, Efeknya!

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, tak heran kita melihat banyak olahan Nasi di Negara kita Tercinta ini. Dari makanan khas hingga olahan modern banyak yang menggunakan bahan pokoknya Nasi. Tapi jika kita terlalu banyak memakan Nasi ternyata dapat mengganggu Kesehatan kita loh! kenapa bisa demikian.
Karena Di dalam Nasi terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi, yang nantinya karbohidrat itu nantinya akan diubah menjadi glukosa/gula yang akan digunakan untuk membantu proses metabolisme didalam tubuh kita agar menjadi energi, dari energi itu kita tidak merasa kelelahan lagi dan dapat beraktifitas kembali, tetapi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat justru efeknya dapat menghambat proses metabolisme di tubuh kita dan menumpuk di dalam tubuh. Akibatnya kita bisa mengalami gejala-gejala sakit maupun sakit yang mungkin juga bisa menyebabkan kematian. Berikut Hal yang terjadi karena kelebihan karbohidrat pada Nasi, seperti yang dilansir pada halosehat.com :
Kegemukan
Badan yang kebanyakan karbohidrat sehingga metabolisme tubuh tidak dapat memproses semua karbohidrat yang masuk, dan akhirnya dialihkan tersimpan menjadi lemak-lemak pada daging dan bagian kulit, sebab itu badan akan menjadi lebih gemuk dan dapat menyebabkan Obesitas.
Diabetes
Karbohidrat di dalam tubuh akan di ubah menjadi glukosa / gula yang akan membantu proses metabolisme. Gula ini yang bila terdapat lebih pada tubuh kita sistem perubah glukosa menjadi energi tidak akan mampu memproses semua glukosa itu, sehingga glukosa akan semakin menumpuk dan bercampur dengan darah yang akhirnya akan tersebar ke seluruh bagian tubuh dan memicu Diabetes Militus karena gula darah berlebih. Penyakit ini dapat menimbulkan kematian.
Kurang Serat dan Vitamin
Akibat mengkonsumsi nasi yang berlebih, kita hanya makan karbohidrat dan protein, sehingga kita sering sudah kenyang terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mempunyai kandungan serat dan vitamin, akibatnya tubuh kita akan kekurangan serat dan vitamin, padahal tubuh kita membutuhkan serat dan vitamin juga untuk membantu meningkatkan kesehatan. Karena kekurangan serat hal ini dapat memicu konstipasi (Sulit BAB) pada saluran cerna, dan karena kekurangan vitamin tubuh kita dapat mengalami kelemahan daya tahan tubuh.
Menyebabkan Mudah Lelah dan Kantuk
Karena terlalu banyak mengkonsumsi nasi yang berlebih, otomatis kita akan merasa kekenyangan. Karena faktor ini lah proses pencernaan akan bekerja keras memproses semua asupan yang masuk ke tubuh, secara otak pun lebih fokus untuk membantu proses pencernaan, sehingga otak merasa kelelahan dan menyebabkan kita mengantuk dan mudah lelah karena otak sudah bekerja terlalu keras.

Oleh sebab itu kita seharusnya mengkonsumsi nasi secukupnya aja, karena yang berlebih itu pasti tidak baik. Demikian informasi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. Toaks Titanium CNC Board - TITanium Arts
    Titanium CNC Board | stilletto titanium hammer Titanium snow peak titanium Art - microtouch titanium TITanium urban titanium metallic Art. 1 page1. $8,099.00. No reviews guy tang titanium toner for T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.

    BalasHapus